Jumat, 26 November 2010

Kisah seekor monyet & ikan

Aku berjalan diantara lebatnya semak belukar ditengah hutan belantara…kicau burung dan suara satwa hutan bercanda terasa indah menggelitik telingaku. Sesaat aku terhenti ketika terdengar suara isakan tangis ratapan kesedihan dibalik semak rimbun didepanku…! Kuhampiri perlahan, kucari arah suara tersebut…dan aku terkejut karena isakan & ratapan tersebut dari seekor kera yang duduk menundukkan kepala dihadapannya terdapat 3 ekor ikan mas yang mati, aku heran….apa yang membuat kera itu menangis dan meratapi ikan yang sudah mati???? 
Aku hampiri kera itu…aku bertanya kepadanya..” ada apa kamu kok menangis sedemikian sedihnya didepan mayat ikan itu?” 
Kera itu memandangku dengan tatapan sedih yang mendalam dan men menjawab dengan suara yang parau..” aku terlambat menolongnya…sehingga dia mati…aku tak berdaya menolong sesama makhluk Allah…” 
“ apa yang terjadi sobat?” timpalku, kera menjawab dengan linangan air mata “tadi ketika aku mau minum ditelaga itu..aku terkejut melihat ikan2 itu sudah tercebur dalam telaga…aku teriakin mereka untuk segera naik biar tidak tenggelam dalam air seperti sodaraku yang mati tenggelam…, aku berusaha secepatnya kunaikkan mereka kedarat..tapi semua terlambat…mereka meninggal selang waktu setelah aku Bantu naikkkan mereka!”, kera itupun kembali tertunduk..terisak dalam kesedihannya.. 
Aku terperanjat mendengar kisah itu, sebuah ketulusan hati..sebuah amal perbuatan tanpa didukung ilmu..akhirnya semua sia-sia…bahkan menimbulkan dampak yang kurang baik untuk sekitarnya..! 
“Sobat…!” panggilku pecahkan lamunan dan kesedihan kera, “kamu kenal ikan itu seperti apa hidupnya? Seperti apa kebiasaannya?” lanjutku, kera hanya menggelang dengan raut wajah yang masih tersimpan kesedihan mendalam. Akhirnya kujelaskan semua tentang ikan apa & bagaimana dia…., kera itu terperngah dengan mata yang nanar berkata..” aku telah membunuhnya? Aku telah mencelakainya?”, dengan cepat kujawab “ karena kamu tidak tahu..., dan tulus niat baikmulah yang menyuruhmu melakukan itu..!dan hanya Allah yang pantas menilainya sobat”. 
Tanpa berkata apa-apa ku pungut ikan-ikan itu dan kubawa pergi, dari belakang kudengar kera itu berkata “ mau kau bawa kemana ikan-ikan itu sobatku yang keren?”, sambil melanjutkan jalanku aku berkata dengan senyum “ aku mau bawa kepasar…mau aku jual lumayan dapat uang…jiakakakakakakakak”, kera itu menimpalinya “ woooooooooooooooooooi bagi dua dong kang…”


<Kisah ini pernah saya posting di note FACEBOOK  saya beberapa waktu lalu>


Sebuah kisah yang mengajarkan bahwa semua kebaikan & amalan baik ada ilmu yang mendasarinya....  menurut teman-teman pembaca gimana komentar kisah diatas??? :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belantara Dunia FB ( masuk pake ID FB ajah )

Belantara Dunia Maya